Dasar Tentang Bangunan



Bangunan adalah setiap susunan sesuatu berbentuk ruangan atau bagian-bagian yang dibuat untuk tujuan tertentu dan bertumpu pada tanah atau pondasi.
 Contohnya : Rumah yang dibuat untuk keperluan tempat tinggal, jalan raya dan jembatan yang dibuat untuk keperluan memperlancar perhubungan.

Adapun maksud dan tujuan dari pembuatan bangunan itu adalah untuk mengetahui secara jelas cara merencanakan, melaksanakan pembuatan bangunan dan cara memperbaiki agar suatu bangunan dapat kuat, aman, sehat dan nyaman dengan harga yang relatif murah.
Ada banyak berbagai macam bangunan dalam bidang teknik sipil dan dapat dibedakan menurut jenis-jenisnya sebagai berikut :
  1.        Bangunan teknik sipil kering seperti gedung, rumah, jalan raya, pabrik, tugu-tugu, tempat ibadah dan lain sebagainya 
  2.        Bangunan teknik sipil basah seperti saluran air, menara air, dermaga pelabuhan, bendungan bangunan irigasi an lain sebagainya
Bangunan merupakan susunan suatu komponen-komponen yang saling berhubungan satu sama lain, agar tercipta konstruksi yang stabil, ditinjau dari segi susunannya bangunan gedung dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu bangunan bawah dan bangunan atas. Bangunan bawah adalah bagian-bagian bangunan yang terletak dibawah permukaan lantai / terletak dibawah tanah seperti sloof dan pondasi. Adapun tujuan dari bangunan bawah adalah untuk menahan seluruh berat bangunan yang ada diatasnya termasuk berat bangunan bawah itu sendiri dan berat tanah yang berada diatas pondasi tersebut. Pentingnya sebuah pondasi pada suatu bangunan karena harus memikul beratnya sendiri dan bangunan diatasnya agar tidak roboh maka pondasi harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut konstruksi pondasi terletak diatas lapisan tanah keras, mempunyai ukuran yang sesuai agar tanah cukup kuat menahan beban, kontruksi pondasi harus cukup kuat agar tidak pecah karena muatan yang bekerja padanya. Sedangkan bangunan atas adalah bagian-bagian bangunan yang terletak diatas permukaan lantai sepeti tembok, balok, kolom, pintu, jendela, atap dll.

Demikianlah sedikit penjelasan yang dapat saya sampaikan, mohon kiranya para pembaca senantiasa memberikan tanggapan, kritik dan saran demi terciptanya tulisan tulisan yang lebih baik lagi dikemudian hari. Terima kasih
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Home | Tinti Gold Stainless Air Supply Company
    › products › does titanium have nickel in it tinti-gold-steel-s › products citizen promaster titanium › tinti-gold-steel-s This item: Home | Tinti titanium armor Gold Stainless Air Supply Company Tinti Gold Stainless Air titanium dog teeth Supply Company Tinti Gold Stainless Air samsung watch 3 titanium Supply Company.

    BalasHapus

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *